Senin, 19 Juli 2010

Spanyol Juara Dunia 2010

Senin, 12 Juli 2010 | 06:40 WIB
Spanyol Juara Dunia 2010

Spanyol membuat sejarah baru dengan merebut juara Piala Dunia 2010. Dalam final yang berlangsung di Stadion Soccer City, Senin (12/7) dinihari WIB, tim Matador menundukkan Belanda 1-0 dengan gol di masa perpanjangan waktu. Bagi Spanyol, ini merupakan gelar pertama mereka di Piala Dunia. Prestasi terbaik Spanyol sebelumnya adalah masuk babak semifinal. Spanyol menjadi negara ke delapan yang mampu merebut Piala Dunia setelah Brasil, Argentina, Uruguay, Inggris, Jerman, Italia dan Prancis. Spanyol juga menjadi negara pertama yang mampu menjadi juara setelah kalah di laga pertama penyisihan grup.

VIVAnews - Sebelum menyaksikan final Piala Dunia antara Belanda vs Spanyol di Stadion Soccer City, Johannesburg, dini hari nanti, ada beberapa fakta menarik yang patut disimak dari kedua negara finalis.

Berikut data dan fakta menarik itu sesuai dilansir Goal:

1. Untuk pertama kalinya setelah 32 tahun, final Piala Dunia mementaskan dua tim yang belum pernah menjadi juara. Uniknya, hal itu terakhir terjadi saat Belanda masuk final 1978 menghadapi tuan rumah Argentina.

2. Keberhasilan Spanyol dan Belanda masuk final, membuat total ada 12 negara yang pernah berlaga di pertandingan final Piala Dunia.

3. Spanyol bisa menjadi negara pertama yang menjadi kampiun Piala Dunia yang kalah di pertandingan perdana.

4. Belanda berpeluang menyamai rekor Brasil di Piala Dunia 1970 dan 2002 yang selalu memetik kemenangan dalam semua pertandingan.

5. Belanda membuat rekor dengan mencetak 14 kemenangan, mulai dari babak kualifikasi, penyisihan grup sampai dengan semifinal. Ini merupakan rekor terbaru dan bisa menjadi 15 kalau mereka berhasil menang di partai final.

6. Untuk pertama kali setelah 28 tahun, tim juara Eropa (Spanyol) melaju ke partai final Piala Dunia. Prestasi terakhir diukir Jerman Barat yang menjuarai Piala Eropa 1972 dan kemudian masuk final dan memuncaki Piala Dunia 1974.

Penyanyi asal Kolombia, Shakira berbicara saat konferensi pers jelang laga final Piala Dunia 2010 di Soccer City stadium, Johannesburg, Afrika Selatan, Sabtu (10/7). Shakira akan turut serta memeriahkan akhir dari ajang sepakbola bergengsi dunia tersebut

Belanda memastikan satu tiket partai puncak Piala Dunia 2010. De Oranje berhak ke final usai menekuk Uruguay dengan skor 3-2 di Stadion Green Point Stadium, Cape Town, Rabu 7 Juli 2010. Gol Belanda dicetak masing-masing oleh Giovanni van Bronckhorst (18'), Wesley Sneijder (70') dan Arjen Robben (73'). Sedangkan gol balasan Uruguay dicetak sang striker Diego Forlan di menit 41 dan Maxi Pereira di masa injury time.

Bola tandukan pesepakbola Spanyol, Carles Puyol saat menjebol gawang Manuel Neuer di laga semifinal Piala Dunia 2010 antara Jerman dan Spanyol di Durban, Afrika Selatan, Rabu (7/7). Gol tunggal yang dicetak Carles Puyol pada menit ke 73 akhirnya membawa Spanyol melaju ke partai puncak Piala Dunia 2010

Tidak ada komentar: