Sabtu, 24 April 2010

Kantor KPU Kepri Disegel

Kantor KPU Kepri Disegel
PDF Print E-mail
Wednesday, 21 April 2010 14:30

Oleh: Redaksi

TANJUNGPINANG, KEPRIterkini: Kator KPU Kepri di Tanjungpinang berhasil disegel massa dari Komite Rakyat Pemilukada Bersih (KRPB), Rabu (21/4). Penyegelan ini dilakukan karena KPU Kepri dinilai tidak amanah menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Mei 2010.
Koordinator KRPB, Burhanuddin Nur mengatakan, massa akan bertahan sampai KPU membatalkan SK 31 tentang penetapan calon. ''Kami akan mendirikan tenda untuk dapat tetap bertahan. Boleh atau tidak diizinkan pihak kepolisian, kami akan tetap dirikan. Ini demi kebaikan demokrasi agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kepri menghasilkan pemimpin yang benar-benar kapabel,'' terang Burhanudin.

Menurut Burhan, biasa ia dipanggil, jika tahapan saja dimulai dengan kecacatan, maka, pemimpin yang dihasilkan juga tak lepas dari kecacatan tersebut. ''Ini yang kita lihat telah terjadi. KPU sebagai penyelenggara melanggar aturan-aturan yang telah dibuat,'' katanya.

Demo yang digelar sejak pagi ini berjalan cukup kondusif. Sempat terjadi ketegangan ketika massa akan menyegel kantor KPU.Namun, mengindari konflik lebih besar, aparat kepolisian bertindak kooperatif.

Setelah berhasil melakukan penyegelan, ratusan massa tampak duduk-duduk seputaran kantor KPU. Sementara spanduk berbagai tulisan dipajang sepanjang kawasan kantor KPU Kepri. Isinya beragam, mulai dari kecaman hingga tuntutan.

Menurut Burhan, massa akan bertahan sampai pihak KPU memberikan penjelasan dan sampai dibatalkannya SK 31 tentang penetapan calon. Saat demo berlangsung, tak satupun anggota KPU Kepri berada di kantor. Hal ini semakin memperkuat dugaan massa bahwa KPU sengaja membuat masalah ini berlarut-larut.

''Anggota KPU terkesan menghindar dan lari dari masalah yang kita hadapkan. Kami akan tunggu sampai ada penjelasan resmi dari mereka,'' demikian Burhan.***

Tidak ada komentar: