Kamis, 23 Juli 2009

Cara Cepat Lepaskan Stres

Cara Cepat Lepaskan Stres
Jumat, 17 Juli 2009

KETIKA berada dalam tekanan tinggi, banyak hal positif tak lagi bisa kita lakukan. Pikiran tidak rasional, keputusan diambil secara subjektif tanpa pertimbangan matang. Menurut situs Helpguide, ada beberapa cara untuk keluar dari kondisi itu, antara lain:

Membuat tubuh bergerak aktif. Lakukan gerakan apa saja yang melibatkan otot dan membuat Anda bangkit dari tempat duduk. Lari di tempat, loncat-loncat, menggerakkan kepala ke kanan dan kiri, mungkin juga berjalan-jalan sebentar.

Jika Anda termasuk orang yang senang melihat pemandangan indah, coba hilangkan stres dengan memasang panorama menyejukkan di sekitar. Hias rumah atau kantor Anda dengan foto-foto ceria atau cenderamata favorit. Bawa suasana taman yang indah ke dalam rumah dengan membeli tanaman atau bunga, lalu meletakkannya di sudut ruang.

Sentuhan dengan sesuatu yang berbeda pun bisa mendatangkan perasaan menyenangkan. Misalnya membungkus diri dengan selimut hangat, mandi di air panas, atau memakai baju tipis yang menempel lembut pada kulit.

Kalau Anda pencinta musik, mendengarkan irama kesenangan bisa jadi alternatif. Pilih musik instrumental atau klasik.

Memanfaatkan indra penciuman juga menjadi cara melepas ketegangan pikiran. Cari aroma yang bisa membangkitkan energi. Memanjakan lidah pun diyakini bisa menghilangkan stres. Namun, jangan keasyikan makan. Efek kolesterol naik malah bisa memunculkan stres baru. Makan dengan pelan, fokus pada rasa makanan di mulut. (ayi)

Tidak ada komentar: